Follower Setia Terima Kasih

Rabu, 03 Agustus 2016

KOMPAK MEMIMPIN PERUBAHAN

KETUA RW-03 DAN KETUA RW-04
GRIYA PERMATA HIJAU
DESA WEDOROKLURAK
KECAMATAN CANDI
SIDOARJO

SETELAH MELAKUKAN RAPAT
TETAP KOMPAK



YANG INI PENGGEMBIRA


HASIL RAPAT

Hari/ Tgl/ Bln/ Th

:
Jum’at, 26 Pebruari 2016
Tempat
:
Griya Permata Hijau S-20 Wedorokluran Candi Sidoarjo

Agenda Rapat
:
1.     Pemaparan Teknis Pengelolaan Administrasi Mandiri
2.     Pembagian pelaksana pengelolaan kegiatan masing-masing RW sebagai kegiatan bersama.
3.     Menentukan Nilai Kewajiban masing-masing RW untuk membiayai kegiatan bersama secara rutin.
4.     Lain-lain
5.     Penutup

Peserta Rapat
:
RW-03
RW-04
1.     Rachman Hariono (Ketua RW)
2.     Didik Rudiyanta (Wakil Ketua RW)
3.     Muljohadi (Bendahara RW)

1.     M. Triono (Ketua RW)
2.     Taufik  (Sekretaris RW)
3.     Suryadi (Ketua RT 06)
4.     Prasetyo (Ketua RT 04)
Paparan /
Pokok Bahasan


:
Latar Belakang :
     Mengedepan kerukunan dan bersamaan dalam menjaga kebersihan lingkungan
     Saling menghormati kesepakatan dalam pengambilan kebijakan di wilayah masing-masing RW, seperti penentuan nilai iuran bulanan yang di serahkan ke RW masing2
     Peningkatan kwalitas transparansi dalam pelaporan keuangan dan program program kegiatan

Objek Utama :
·       Nominal iuran bulanan wajib setor ke RW dari Rp. 29.000, rencana dinaikan guna pembiayaan dalam pengembangan pembangunan wilayah GPH kedepan.
·       Terdapat dua usulan, menjadi ; RW 03 = Rp. 35.000 sedangkan RW 04 = Rp. 33.000
·       Guna menyelesaikan perbedaan dan mempertimbangkan kebersamaan, maka nominal iuran bulanan per Maret 2016 dan seterusnya  DIPUTUSKAN TIDAK BERUBAH (tetap Rp. 30.000)
·       Konsequensi yang telah disepakati sebagai konsequensi menyelesaikan perbedaan dan mengedepankan ‘kebersamaan’ adalah Pengelolahan Administrasi RW secara mandiri

TEKNIS PELAKSANAAN ADMINISTRASI MANDIRI
1). Seksi KebKes (Kebersihan)
       Tidak ada perubahan dalam pelaksanaan dilapangan sesuai dengan ketentuan PPP No: GPH/002/JAN/2016
       Perubahan terjadi pada administrasi pembayaran honor bulanan + THR yang dibagi secara proposional 57% / 43% antara RW03 / RW04
       Pembayaran Retribusi Sampah sesuai dengan jumlah RT di setiap RW, setiap RT sebesar Rp. 50.000,-
       Penanggungjawab pembayaran honor + THR ke petugas kebersihan di koordinasikan oleh pihak RW 04.
       Alokasi dana retribusi, perawatan peralatan, dan sarana petugas di simpan oleh masing-masing RW sesuai dgn nilai  % proposional. Dan akan di belanjakan apabila di sewaktu-waktu diperlukan.


2). Seksi Kamtibmas (Keamanan)
       Tidak ada perubahan dalam pelaksanaan lapangan sesuai dengan ketentuan PPP No: GPH/001/JAN/2016
       Perubahan terjadi pada administrasi pembayaran honor bulanan + THR yang dibagi secara proposional 57% / 43% antara RW03 / RW04
       Penanggungjawab pembayaran honor + THR ke petugas keamanan di koordinasikan oleh pihak RW 03.
       Alokasi dana perawatan peralatan, dan sarana petugas di simpan oleh masing-masing RW sesuai dgn nilai  % proposional. Dan akan di belanjakan apabila di sewaktu-waktu diperlukan.

3). Seksi Sosial Pemberdayaan Masyarakat (Sosial Kematian)
       Tidak ada perubahan dalam pelaksanaan lapangan, sesuai dengan kondisi yang ada saat ini.
       Perubahan terjadi pada administrasi pembayaran honor bulanan + THR yang dibagi secara proposional 57% / 43% antara RW03 / RW04
       Penanggungjawab pembayaran honor + THR ke petugas sinoman di koordinasikan oleh pihak RW 04.
       Alokasi dana perawatan peralatan di simpan oleh masing-masing RW sesuai dgn nilai  % proposional. Dan akan di belanjakan apabila di sewaktu-waktu diperlukan.

4). Seksi PKL (Taman)
       Tidak ada perubahan dalam pelaksanaan lapangan, sesuai dengan kondisi yang ada saat ini. TIDAK ADA PETUGAS KHUSUS PERAWAT TAMAN
       Alokasi dana tunjangan kebersihan taman di simpan oleh masing-masing RW sesuai dgn nilai  % proposional. Dan akan di belanjakan apabila di sewaktu-waktu diperlukan.

5). Seksi Pekerjaan Umum
       Tidak ada perubahan dalam pelaksanaan lapangan, sesuai dengan kondisi yang ada saat ini.
       Perubahan terjadi pada administrasi pembayaran pulsa 2 titik token PLN pada fasum POS1 & Ex. Lapangan tennis yang dibagi secara rata 57% / 43% antara RW03 / RW04
       Penanggungjawab pembayaran pulsa 2 titik token PLN tsb diatas di koordinasikan oleh pihak RW 03.
       Alokasi dana perawatan kebersihan saluran dan penerangan di simpan oleh masing-masing RW sesuai dgn nilai  % proposional 57/43.  Dan akan di belanjakan apabila di sewaktu-waktu diperlukan.

6). Seksi Pemuda & Seksi PKK
       Tidak ada perubahan dalam pelaksanaan lapangan, sesuai dengan kondisi yang ada saat ini.
       Perubahan terjadi pada administrasi pembayaran subsidi uang kas masing masing seksi  yang dibagi secara rata 57% / 43% antara RW03 / RW04
       Penanggungjawab pembayaran subsidi uang kas masing-masing seksi tsb diatas di koordinasikan oleh pihak RW 03.


PENANGANAN KHUISUS :

1.    Kas Bersama
       Seluruh dana kas bersama (Sisa Donasi, External & Internal) yang tersisa per laporan akhir Februari 2016, akan di belanjakan/dialokasikan sesuai dengan perencanaan  awal yang telah disepakati.  Laporan keuangan terkait pembelanjaan / alokasi  dana kas tsb akan disebar luaskan ke tiap RW setiap bulan, mulai 01 Maret 2016.
       Dengan kata lain : RW03 dan RW04, memulai Pengelolaan Administrasi Mandiri per 01 Maret 2016.. dengan saldo dari KAS = Rp. 0,-
       Sisa saldo Kas Don-Ex (donasi & external) Rp. 3.045.692  (PLUS) talangan pembelian paving 172m2 + cor jembatan makam Rp. 10.116.000 (kapan cair dari desa??)
       Sisa saldo Kas Bersama (internal) Rp. 13.664.100 (PLUS) Piutang petugas keamanan Rp. 2.600.000.
       GRAND TOTAL SALDO KAS yang akan di belanjakan / alokasikan sesuai perencanaan awal sebesar:
                Rp. 19.309.692 + Rp. 10.116.000 = Rp. 29.425.792
       Penanggungjawab pembelanjaan dan laporan keuangan akan di koordinasikan oleh pihak RW 03 atau dilanjutkan oleh RW 04

2.    Pendapatan (Portal/Hibah/Kompensasi) :
       Pendapatan/pemasukan retribusi portal ketinggian, akan di bagi sama rata  (57%/43%) setelah di potong bagi hasil dengan Keamanan 30%.
       Pendapatan/pemasukan lain-lain yang bersumber dari pihak ke 3 dan bersifat hibah merupakan sumber dana yang akan di simpan oleh pihak RW setempat sebagai penerima hibah.
       Pendapatan/pemasukan lain-lain yang bersumber dari pihak ke 3 dan bersifat kompensasi terhadap terjadinya perubahan asset GPH merupakan sumber dana yang akan di bagi secara proporsional 57% / 43% .

3.    Pembagian tangung jawab penyerahan pembayaran biaya operasional ke pemberi jasa dan atau subsidi dibagi sbb :

RW 03 bertanggung jawab mendistribusikan dana operasional bulanan Rp. 10.300.000 dengan peruntukan :
1.       Honor + THR Keamanan
2.       Pembelian Pulsa PLn FAsum
3.       Subsudi PKK & KARTAR.
Mengelola alokasi bersama lainnya dengan total Rp. 1.225.128,-

RW 04 bertanggung jawab mendistribusikan dana operasional bulanan Rp. 4.825.000 dengan peruntukan :
1.       Honor + THR Retribusi Sampah
2.       Honor + THR petugas makam
Mengelola alokasi bersama lainnya dengan total Rp. 938.872,-




Kesepakatan
:
Pokok Bahasan
RW-03
RW-04




Latar Belakang :
     Mengedepan kerukunan dan bersamaan dalam menjaga kebersihan lingkungan
     Saling menghormati kesepakatan dalam pengambilan kebijakan di wilayah masing-masing RW, seperti penentuan nilai iuran bulanan yang di serahkan ke RW masing2
     Peningkatan kwalitas transparansi dalam pelaporan keuangan dan program program kegiatan




Sepakat



Sepakat


Objek Utama :
·       Nominal iuran bulanan wajib setor ke RW dari Rp. 29.000, rencana dinaikan guna pembiayaan dalam pengembangan pembangunan wilayah GPH kedepan.
·       Terdapat dua usulan, menjadi ; RW 03 = Rp. 34.000 sedangkan RW 04 = Rp. 32.000
·                     Guna menyelesaikan perbedaan dan mempertimbangkan kebersamaan, maka nominal iuran bulanan per Maret 2016 dan seterusnya  DIPUTUSKAN TIDAK BERUBAH (tetap Rp. 29.000)
·       Konsequensi yang telah disepakati sebagai konsequensi menyelesaikan perbedaan dan mengedepankan ‘kebersamaan’ adalah Pengelolahan Administrasi RW secara mandiri




Sepakat



Sepakat


TEKNIS PELAKSANAAN ADMINISTRASI MANDIRI

1). Seksi KebKes (Kebersihan)
  Tidak ada perubahan dalam pelaksanaan dilapangan sesuai dengan ketentuan PPP No: GPH/002/JAN/2016
  Perubahan terjadi pada administrasi pembayaran honor bulanan + THR yang dibagi secara proposional 57% / 43% antara RW03 / RW04
  Penanggungjawab pembayaran honor + THR ke petugas kebersihan di koordinasikan oleh pihak RW 04.
  Alokasi dana retribusi, perawatan peralatan, dan sarana petugas di simpan oleh masing-masing RW sesuai dengan nilai  % proposional. Dan akan di belanjakan apabila di sewaktu-waktu diperlukan.




Sepakat



Sepakat


2). Seksi Kamtibmas (Keamanan)
  Tidak ada perubahan dalam pelaksanaan lapangan sesuai dengan ketentuan PPP No: GPH/001/JAN/2016
  Perubahan terjadi pada administrasi pembayaran honor bulanan + THR yang dibagi secara proposional 57% / 43% antara RW03 / RW04
  Penanggungjawab pembayaran honor + THR ke petugas keamanan di koordinasikan oleh pihak RW 03.
  Alokasi dana perawatan peralatan, dan sarana petugas di simpan oleh masing-masing RW sesuai dgn nilai  % proposional. Dan akan di belanjakan apabila di sewaktu-waktu diperlukan.



Sepakat



Sepakat


3). Seksi Sosial Pemberdayaan Masyarakat (Sosial Kematian)
  Tidak ada perubahan dalam pelaksanaan lapangan, sesuai dengan kondisi yang ada saat ini.
  Perubahan terjadi pada administrasi pembayaran honor bulanan + THR yang dibagi secara proposional 57% / 43% antara RW03 / RW04
  Penanggungjawab pembayaran honor + THR ke petugas Petugas Kebersihan Makam di koordinasikan oleh pihak RW 04.
  Alokasi dana perawatan peralatan di simpan oleh masing-masing RW sesuai dgn nilai  % proposional. Dan akan di belanjakan apabila di sewaktu-waktu diperlukan.




Sepakat



Sepakat


4). Seksi PKL (Taman)
  Tidak ada perubahan dalam pelaksanaan lapangan, sesuai dengan kondisi yang ada saat ini. TIDAK ADA PETUGAS KHUSUS PERAWAT TAMAN
  Alokasi dana tunjangan kebersihan taman di simpan oleh masing-masing RW sesuai dgn nilai  % proposional. Dan akan di belanjakan apabila di sewaktu-waktu diperlukan.




Sepakat



Sepakat


5). Seksi Pekerjaan Umum
  Tidak ada perubahan dalam pelaksanaan lapangan, sesuai dengan kondisi yang ada saat ini.
  Perubahan terjadi pada administrasi pembayaran pulsa 2 titik token PLN pada fasum POS1 & Ex. Lapangan tennis yang dibagi secara rata 57% / 43% antara RW03 / RW04, apabila terjadi kelebihan tagihan TOKEN karena kegiatan warga bersama (Non komersial) maka akan dibayar secara proporsional oleh RW 03 & RW 04.
  Penanggungjawab pembayaran pulsa 2 titik token PLN tsb diatas di koordinasikan oleh pihak RW 03.
  Alokasi dana perawatan kebersihan saluran dan penerangan di simpan oleh masing-masing RW sesuai dgn nilai  % proposional 57/43.  Dan akan di belanjakan apabila di sewaktu-waktu diperlukan.




Sepakat



Sepakat



6). Seksi Pemuda & Seksi PKK
  Tidak ada perubahan dalam pelaksanaan lapangan, sesuai dengan kondisi yang ada saat ini.
  Perubahan terjadi pada administrasi pembayaran subsidi uang kas masing masing seksi  yang dibagi secara proporsional 57% / 43% antara RW03 / RW04
  Penanggungjawab pembayaran subsidi uang kas masing-masing seksi tsb diatas di koordinasikan oleh pihak RW 03.




Sepakat



Sepakat


PENANGANAN KHUISUS :

1.  Kas Bersama
  Seluruh dana kas bersama (Sisa Donasi, External & Internal) yang tersisa per laporan akhir Februari 2016, akan di belanjakan/ dialokasikan sesuai dengan perencanaan  awal yang telah disepakati.  Laporan keuangan terkait pembelanjaan / alokasi  dana kas tsb akan disebar luaskan ke tiap RW setiap bulan, mulai 01 Maret 2016.
Dengan kata lain : RW03 dan RW04, memulai Pengelolaan Administrasi Mandiri per 01 Maret 2016.. dengan saldo dari KAS = Rp. 0,-
  Sisa saldo Kas Don-Ex (donasi & external) Rp. 3.045.692  (PLUS) talangan pembelian paving 172m2 + cor jembatan makam Rp. 10.116.000 (kapan cair dari desa??), bila dana tersebut cair akan dialokasikan untuk pembiayaan pembangunan.
  Sisa saldo Kas Bersama (internal) Rp. 13.664.100 (PLUS) Piutang petugas keamanan Rp. 2.600.000.
  Pengelolaan KASBON petugas Keamanan dan Petugas Sampah dikelola oleh masing-masing pengelola.
  GRAND TOTAL SALDO KAS yang akan di belanjakan / alokasikan sesuai perencanaan awal sebesar:
      Rp. 19.309.692 + Rp. 10.116.000 = Rp. 29.425.792
  Penanggungjawab pembelanjaan dan laporan keuangan akan di koordinasikan oleh pihak RW 03 dengan mengkoordinasikan estimasi biaya dan item program kegiatan yang akan dilaksanakan.




Sepakat



Sepakat



2. Pendapatan (Portal/Hibah/Komp[ensasi) :
  Pendapatan/pemasukan retribusi portal ketinggian, akan di bagi sama rata  (57%/43%) setelah di potong bagi hasil dengan Keamanan 30%.
  Pendapatan/pemasukan lain-lain yang bersumber dari pihak ke 3 dan bersifat hibah merupakan sumber dana yang akan di simpan oleh pihak RW setempat sebagai penerima hibah.
  Pendapatan/pemasukan lain-lain yang bersumber dari pihak ke 3 dan bersifat kompensasi terhadap terjadinya perubahan asset GPH merupakan sumber dana yang akan di bagi secara proporsional 57% / 43%
  Pendapatan dari Asset GPH dibagi secara proporsional 57% dan 43%. (Contoh Asset GPH yang menghasilkan : Kolam Pancing dll).




Sepakat



Sepakat



Pembagian tangung jawab penyerahan pembayaran biaya operasional ke pemberi jasa dan atau subsidi dibagi sbb :

RW 03 bertanggung jawab mendistribusikan dana operasional bulanan Rp. 10.300.000 dengan peruntukan :
4.     Honor + THR Keamanan
5.     Pembelian Pulsa PLn FAsum
6.     Subsudi PKK & KARTAR.
Mengelola alokasi bersama lainnya dengan total Rp. 1.233.480,-

RW 04 bertanggung jawab mendistribusikan dana operasional bulanan Rp. 4.825.000 dengan peruntukan :
3.     Honor + THR Retribusi Sampah
4.     Honor + THR petugas makam
Mengelola alokasi bersama lainnya dengan total Rp. 930.520,-




Sepakat



Sepakat
Catatan
:
Detail alokasi pengeluaran tetap 2016 terlampir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar